KEIKUTSERTAAN GUDEP SANTI RAMA DALAM JAMBORE NASIONAL 2016 DI CIBUBUR

by admin

KEIKUTSERTAAN GUDEP SANTI RAMA

DALAM JAMBORE NASIONAL 2016 DI CIBUBUR

tunas63_logo-jamnas-2016

“Mandiri, Berprestasi, dan Berkarakter“

           Jambore Nasional merupakan kegiatan kepramukaan yang diikuti oleh para anggota pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung selama 9 hari dari tanggal 14 – 22 Agustus 2016 di Cibubur, Jakarta Timur, para peserta digembleng menjadi pramuka yang mandiri, berprestasi dan memiliki karakter kebangsaan yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa sesuai dengan tema jambore kali ini.

           Jambore nasional tidak hanya diikuti oleh para pramuka penggalang biasa, tetapi juga diikuti oleh para pramuka luar biasa atau pramuka berkebutuhan khusus dari seluruh Indonesia, walaupun memiliki keterbatasan fisik maupun psikis tetapi mereka tetap mampu berbaur dengan pramuka pada umumnya.

1Untuk utusan atau kontingen pramuka luar biasa Kwartir Daerah Khusus Ibukota Jakarta  pada Jamnas tahun ini diwakili oleh para pramuka penggalang Kwartir Cabang Jakarta Selatan. Kwartir Cabang Jakarta Selatan mengirim 7 regu pramuka penggalang, terdiri dari 4 regu penggalang putra dan 3 regu penggalang putri. Setiap regu terdiri dari 7 anggota dan 2 pendamping/Pembina. Seluruh kecacatan/ketunaan (tunanetra, tunarungu, tunagrahita dan tunadaksa ) terwakili.

Total kontingen pramuka luar biasa penggalang dari Jakarta Selatan berjumlah 56 orang yang terdiri dari 42 orang penggalang dan 14 orang pendamping.

2          Dari 42 anak, 4 anak diantaranya dari Santi Rama ditambah 1 pendamping yakni Kak Danurwendo, guru Penjaskes di  SDLB Tunarungu Santi Rama sekaligus sebagai Pembina pramuka di gugus depan 06-007 Rama. 4 anggota pramuka penggalang itu adalah ananda Umar dan Fikri dari SDLB tunarungu Santi Rama dan ananda Yudha dan Aldi anggota penggalang dari SMPLB Tunarungu Santi Rama. Mereka bergabung dalam satu regu putra bersama 2 anak dan 1 pendamping dari SLB-B Sana Dharma, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

           Dengan keikutsertaan mereka di Jambore Nasional tahun 2016 ini, semoga mereka mendapat pengalaman hidup untuk menjadi anak yang mandiri, berprestasi dan memiliki karakter yang baik sesuai harapan guru, orangtua dan masyarakat pada umumnya.

 

Written by: admin

Leave a Reply