Pesan Hari Ini

  

PELATIHAN PEMBERDAYAAN DIRI

Kesejahteran tidak harus berupa uang. Santi Rama sangat yakin dengan kalimat tersebut. Setiap tahun Santi Rama menjadwalkan berbagai pelatihan peningkatan kemampuan kinerja. Selain peningkata kemampuan/ kompetensi dalam pembelajaran, pada tanggal 21- 22 Februari 2014 Yayasan mengundang Miriati & Associated untuk memberikan bimbingan bagi guru dan karyawan senior untuk menjadi pribadi-pribadi Ambasador melalui pelatihan Pemberdayaan Diri. Pelatihan tersebut menjadi sangat menggairahkan pesertanya karena dikombinasikan dengan praktik-praktik yang menarik. Pada akhir pelatihan peserta dikukuhkan menjadi masyarakat ambassador dengan disematkannya Pin AKU PD oleh sesame peserta. Sebulan kemudian pelatihan ini kembali dilaksanakan untuk penyegaran.              

 

 

 

 

Read more...
 



Advertising :

Home arrow Sekretariat


Sekretariat Print E-mail

SEKRETARIAT YAYASAN SANTI RAMA:

Dapur Umum Yayasan . . .

SEJAK Lembaga Pendidikan dan Latihan Anak Tuna¬rungu dan kepindahan kantor Yayasan Santi Rama dari Kramat VII/13 Jakarta Pusat ke alamat yang sekarang, tahun 1990, maka pangku komando Sekretariat sepenuhnya dipegang langsung oleh Pengurus Yayasan.

Keberadaan sekretariat memiliki fungsi sangat strategis dalam menunjang kelancaran dan mengimplementasikan kegiatan pengurus maupun unit-unit di lingkungan Santi Rama. Antara lain berfungsi juga sebagai mediator antara pengurus dengan unit-unit di lingkungan Santi Rama serta instansi/orsos di luar Santi Rama, mulai dari urusan dengan pejabat pemerintah dari tingkat pusat sampai daerah, seperti gubernur, dunia swasta sampai urusan ke dapur, sekretariat selalu terlibat di dalamnya.

Sebagai gambaran dapat dikemukakan kegiatan sebagai berikut :

1. Bidang Surat menyurat Tahun 2004 jumlah surat masuk 378 helai, surat keluar 123 helai belum termasuk undangan clan pengeluaran SK-SK yayasan.

2. Dalam unisan Administrasi Kepegawaian, selama dekade 5 tahun (2000-2005) jumlah guru/ karyawan yang keluar sebanyak 25 orang (21 guru dan 4 karyawan), sedangkan jumlah guru/karyawan masuk sebanyak 25 orang pula (21 guru tetap, 11 guru honor dan 2 karyawan). Hal ini tentu membawa dampak dalam urusan adnimistrasi kepegawaian mereka.

3. Tidak kalah pentingnya mengenai Administrasi Keuangan.

Sejak keberadaan Kantor Akuntan (Drs. Kasful Z) tahun 1992, yang bertugas menyusun rekapitulasi laporan keuangan yayasan clan unit-unit Santi Rama, maka sekretariat bertugas menerima clan mengumpulkan laporan keuangan dari unit-unit maupun bertugas membantu bendahara yayasan dalam membuat laporan, untuk kepentingan penyusunan laporan keuangan tahunan yang berkaitan dengan pajak PPh 21 (pajak penghasilan) dan PPh 25 (pajak badan usaha).

Demikian pula Unit-unit operasional setiap haripun diwajibkan melapor dan menyetor hasil penerimaannya kepada sekretariat untuk dimasukkan dalam buku/rekening bank yayasan, serta menyiapkan dropping untuk keperluan operasional harian dan gaji guru/kayawan di unit-unit Santi Rama.

Sesuai dengan perkembangan dan peningkatan kegiatan Yayasan Santi Rama, maka kurang maksimal apabila komando sekretariat dalam keseharian dipegang langsung oleh pengurus yayasan yang notabene jadwal kehadirannya tertentu.

Maka agar tugas-tugas Sekretariat dapat terkoordinir dengan baik, diperlukan seorang kepala sekretariat. Sejak tahun 2002, Ibu Dra. Retno Sri Rumlaskmi seorang relawan mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Kepala Sekretariat hingga sekarang.

Akhirnya tugas Sekretariat tidak berarti apa-apa tanpa kerjasama dengan segala unsur yang ada di lingkungan Yayasan dengan disertai dedikasi clan nurani yang tulus. "Sukses bukan berarti kerja keras tapi kerja cerdas".

Personil yang pernah bekerja di Sekretariat Santi Rama :Personil Sekretariat saat ini :
1. Sudrajat (hingga 1989).1. Ny. Retno Sri Rumlaksmi (Kepala Sekretariat).
2. Ny. Sannrosri Sukahar (Kepala  Kantor Sekretariat, hingga 1997). 2. Y u n u s S u p r i a d i( P e t u g a s  Kepegawaian).
3. Agus Maryanto (hingga tahun 1989). 3. ARYANTO
4. Sutomo (aim tahunl 988).4. Siti Rochayati (PetugasKeuangan).
5. Yoyok Sunaryo (hingga 1994).5. Paimin (Pengemudi).
8. Budi Taufik Rahman (hingga 1998).6. Karsiman (Pengemudi).
9. Soma Hadinata (hingga 2000).7. Muiz (Satpam).
 

8. Amir (Petugas Rumah Tangga).                     9.Ardani Nariswari, SH

 

Tugas dan Fungsi Sekretariat Yayasan Santi Rama

1. Terpeliharanya kelancaran dan ketertiban pelaksanaan ketata usahaan yayasan serta melaksanakan tertib administrasi ketatausahaan, meliputi

  • Penerimaan Surat Masuk dan pengiriman Surat Keluar.
  • Dokumen-dokumen yayasan, inventarisasi
  • Statistik, papan data.
  • Beasiswa, laporan sumbangan ATK.
  • Pencatatan hasil rapat, jadwal tamu/kunjungan.
  • Surat Keputusan Yayasan, dan peraturan-peraturan lainnya.
  • Membantu pelaksanaan pelatihan-pelatihan di Santi Rama

2. Terpeliharanya penerapan sistem dan kelancaran administrasi keuangan yayasan Santi Rama, meliputi :

  • Melaksanakan laporan realisasi anggaran keuangan Sekretariat & Litbang.
  • Menerima laporan pelaksanaan penerimaan dan pengeluaran dari unit-unit operasional baik harian maupun bulanan, berikut pengarsipannya.
  • Terlaksananya setoran dan penarikan uang di Bank.
  • Membantu anuntan dalam menyusun laporan tahunan.

3. Terselenggaranya kegiatan tertib administrasi personalia yayasan Santi Rama, meliputi :

  • Melaksanakan tertib adminitrasi penerimaan pegawai, penggajian, kesejahteraan dan penghargaan.
  • Melaksanakan adminitrasi pinjaman uang dari Yayasan dan pengembaliannya.
  • Melaksanakan adminitrasi penerimaan dan penyaluran santunan bagi para pegawai.
  • Mengurus pajak penghasilan, Jamsostek dan tabungan hari tua para pegawai.
  • Penjadwalan kendaraan/supir, tugas-tugas Satpam dan Petugas Rumah Tangga Sekretariat.

4. Terlaksananya tugas lain yang menunjang tugas-tugas pengurus Yayasan Santi Rama dan Litbang Santi Rama.

 
< Prev   Next >

© 2014 Santi Rama - School for the Deaf - Sekolah Luar Biasa Tuna Rungu
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.